31 Oct 2014

Haji Kecil



Dua minggu yang lalu
di sekolahku ada simulasi haji
bu guru nyebutnya manasik haji

Dulu waktu masih jadi adik playgroup,
Dija juga pernah manasik haji
tapi lebih singkat dan gak lengkap


Dija bangun pagi pagi sekali untuk siap siap ikutan simulasi haji
Lokasinya di lapangan Universitas Darul Ulum Jombang
Ternyata disana Mbak Anda sudah datang lebih dulu
Mbak Anda ini sahabat karibku

Kelasku, Kelas Sulawesi masuk di grup Jamaah Haji dari Indonesia
kelas kelas lain ada yang dari Jerman, Inggris, Belanda, China dan lain lain
tiap kelas bawa bendera masing masing
Kami juga bawa kartu tanda pengenal
biar gak tersesat nanti di "Kota Mekkah"



Kami nungguin teman teman lain di maktab
begitu semuanya sudah lengkap, rombongan jamaah haji Indonesia memulai rangkaian ibadah haji
pertama tama kami semua sholat dulu di Arafah
lalu bergerak menuju Muzdalifah
kami ambil kerikil kecil kecil banyak sekali
masukin kantung satu satu



Kami baca doa bersama sama.
Setelah dari Muzdalifah, kami bergerak menuju Mina
di sana kami bermalam 
tapi bermalamnya cuma 5 menit aja.
Setelah itu kami bergerak lagi untuk melontar jumroh

tetap bergandengan, tetap berbaris pegang bahu teman
agar tidak tersesat


ini nih yang paling aku suka,
lontar jumroh !!!

awalnya Dija dan teman teman lempar jumroh satu kali aja. 
di jumroh aqobah.
lalu kami melakukan tahalul
yaitu potong rambut


Setelah itu, kami lontar jumroh lagi
kali ini di tiga tempat
jumroh Ula, Wustho, dan Aqobah
seruuuuu sekali !!!


Bissmillahi Alloooohu Akbar!!
Lempaaaaarrrr!!!!

pasti setan nya kesakitan kena lempar batu yaa
Aku semangat lho lemparnya



Begitu lontar jumroh nya sudah selesai
kami bergerak menuju kota mekkah. 
Berhenti dulu di pintu masuk kota mekkah, kami berdoa sama sama
lalu mulai melaksanakan Thowaf tujuh putaran
sholat di Hijr Ismail


Setelah itu, kami minum air zam zam sama sama
airnya dingiin, enak sekali
Kemudian kami mulai melakukan Sa'i di bukit Sofa-Marwah
7 kali bolak balik

capek sih, tapi menyenangkan!



Begitu semuanya sudah selesai
Bu Guru ajak kami melakukan Thowaf Wada, yaitu Thowaf perpisahan sebelum meninggalkan kota suci mekkah.
sambil berdoa, supaya kelak kami bisa benar-benar melakukan haji disana
aaaamiiiinnnnn




Catatan Tante Elsa :
* Simulasi Haji sudah menjadi agenda tahunan di sekolahnya Dija. Tahun lalu saat masih di playgroup, Dija masih ogah ogahan mengikuti semua rangkaiannya, masih gak mau lepas dari tanganku. Sekarang sudah beda jauh. Pagi pagi sudah bangun dengan semangat, dan buru buru banget pingin langsung tiba di lokasi. Begitu diterima gurunya, Dija sudah gak menoleh ke belakang lagi, udah gak mencariku lagi, udah bergaul sama teman-temannya.Dija juga mengikuti seluruh rangkaian simulasi dengan semangat dan gembira.

* Sudah 3 bulan sekolah, Dija cuma mendapatkan lencana best student 1 kali. Sementara ada temannya yang sudah dapat lencana berkali kali. Heehehe... Emaknya sih yang iri. Ada apa dengan anakku, kok tidak mendapatkan lencana lagi. Apa karena masih manja yaa....

* Les baletnya sudah jauh lebih baik, Dija sudah mulai semangat mengikutinya. Sampai rumah langsung dipraktekin gerakan gerakannya. senang melihat Dija sudah mulai menikmati kelas baletnya. 
Sementara les renangnya, Dija tetep semangat seperti biasa. Belum ada perkembangan berarti dalam kemampuan berenangnya, masih berlatih keberanian dan lompatan ketika mau berenang aja.

* Perbedaan dengan saat masih playgroup dulu, kini Dija lebih banyak bercerita tentang teman-teman dan kegiatannya di sekolah. Dija bisa menceritakan secara runtut apa yang dia lakukan hari itu, juga menceritakan teman-temannya yang lucu. Dulu waktu playgroup, setiap kali ditanya ngapain aja di sekolah, dija tidak banyak cerita. Sekarang, sekalinya ditanya, yang keluar ceritanya panjang sekali. Hehehehhee.....



21 Oct 2014

Coban Rondo


Pada suatu hari..
Dija diajak Tante Elsa pergi ke Air Terjun
yang ada di Malang


Coban Rondo namanya
sudah dua kali Dija kesana

29 Sep 2014

Queen Elsa "Frozen"




Kemarin Dija dapat kiriman baju
dari Ola Pipi

ternyata gaun Putri Elsa
persis kayak di film Frozen

13 Sep 2014

Gebyar Al Iman 16 Tahun


Sekolahku merayakan ulang tahun yang ke 16
hehehe udah banyak ya ulang tahunnya



kayak tahun kemaren, acaranya meriah sekali
pagi pagi berkumpul  di sekolah
lalu jalan sehat bersama sama

26 Aug 2014

Lencana Best Student dan Seragam Biru


Horeee....
tadi pagi Dija dapat Lencana Best Student lagi
ini lencana pertama yang aku dapat di TK
dulu waktu masih playgroup Dija dapat 5 lencana best student



Oh ya, seragam sekolah Dija kalo senin-selasa warnanya pink-merah
seperti yang di postingan Anak TK

kalo rabu-kamis, seragamnya warna putih-biru
seperti di postingan ini

20 Aug 2014

Kelas Sulawesi TK Al Iman Jombang


Dija sekarang sudah TK A lho

di sekolahku, kelas kelas TK A diberi nama pulau
Ada Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi.




Aku masuk kelompok Sulawesi
kelasnya ada di atas
kalo mau masuk kelas harus naik tangga dulu

17 Aug 2014

Anak TK


Haloo
Assalamualaikuuuummm

Lama ya Dija gak posting
hehehehhee.... 

Aku sekarang sudah TK lhoo
bukan murid playgroup lagi