20 Aug 2014

Kelas Sulawesi TK Al Iman Jombang


Dija sekarang sudah TK A lho

di sekolahku, kelas kelas TK A diberi nama pulau
Ada Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi.




Aku masuk kelompok Sulawesi
kelasnya ada di atas
kalo mau masuk kelas harus naik tangga dulu




di dalam kelas Sulawesi
ada papan tulis putih besar
ada pita bunga bunga, ada juga ketupat



di tengah tengah kelasku,
ada meja segi enam

kalo belajar, kami duduk melingkari meja



di dinding putih kami menempel gambar
setiap hari kami menggambar bersama
setelah itu ditempel agar bisa dilihat bersama sama


Tuh lihat gambarnya Dija sudah banyaaaakkkk
gambarku bagus bagus lhooo









di belakang pintu masuk
ada rak putih besar, bentuknya kotak kotak
biasanya aku taruh tas di situ




di luar kelas, ada rak sepatu dan sandal
sandalnya setiap hari menginap di sekolah
karena setiap hari dipake wudlu sebelum sholat berjamaah



di pojok kelasku, ada perpustakaan gantung
buku bukunya menggantung di kantung plastik
Bu Guru suka bercerita
kisah Nabi-Nabi, juga kisah binatang lucu



di kelasku juga ada jendela warna kuning
setiap pagi sinar matahari masuk ke kelas
kelas sulawesi jadi sehat 



Jendela kelasku bagus sekali
karena banyak hiasan menggantung
ada ikan, ada ketupat, ada buah buahan...
banyak sekali... warna warni


itu cerita tentang kelasku
Kelas Sulawesi
bagus kan????

aku mau belajar dulu yaa

"siaaaaaaaaaap graaak !"
"hooooormaaaaaaat graaaaaaaaaaaaakk !"






Catatan Tante Elsa :
* Alhamdulillah Dija sudah jadi murid TK Al Iman, tahun ini masuk ke TK A (nol kecil).  Pertama masuk sekolah waktu minggu ketiga bulan ramadhan kemaren. Alhamdulillah lancar jaya, gak pake acara nangis nangis seperti ketika pertama kali sekolah playgroup dulu, gak pake ditungguin juga. 

* Dija masuk ke kelompok Sulawesi. Di sekolah Dija, TK A dibagi menjadi beberapa kelompok pulau (Jawa, Sumatera, Kalimantan, dll), sementara TK B dibagi menjadi beberapa kelompok gunung (Rinjani, Krakatau, Semeru, dll ). Kelas Sulawesi kebetulan ada di lantai atas, harus naik turun tangga setiap hari. Sempat khawatir juga, namanya anak anak biasanya kalo naik turun tangga suka berlari dan kurang hati hati. Jadi setiap pagi ketika melepas Dija ke sekolah, salah satu pesannya selalu : hati hati kalo naik turun tangga.
Sisi positifnya kelas Sulawesi adalah memiliki banyak jendela, artinya banyak bukaan sehingga sirkulasi udaranya bagus (kelas tidak ber-AC), dan kebetulannya lagi setiap pagi sinar matahari masuk ke kelas. Kelasnya jadi terang benderang dan semoga saja makin sehat anak anaknya.

* Selain dibagi menjadi kelompok pulau dan gunung, masing masing kelas TK di Al Iman memiliki judul sentra masing masing. Sentra disini mungkin semacam mata pelajaran atau mata kuliah. Ada sentra Imtaq (iman dan taqwa), sentra seni, sentra bahan alam, sentra komputer, dan lain lain. Kebetulan kelas sulawesi adalah kelas Sentra Imtaq. Jadi ketika misalnya hari senin Dija ada mata pelajaran seni, maka ketika jam pelajaran itu Dija dan kawan kawan akan menuju kelas sentra seni. Sementara kelompok lain yang saat itu mendapatkan giliran mata pelajaran imtaq misalnya, akan menempati kelasnya Dija. 

* Beberapa waktu lalu, aku mendapatkan laporan dari guru kelasnya Dija, bahwa hampir setiap hari Dija menggambar Ibu Elsa. Ibu gandeng Dija, Ibu ambil batu, Ibu jalan jalan, Ibu bawa keranjang dan masih banyak lagi. Hehehe..good newsnya adalah anakku so sweet banget.... jadi terharu. Tapi bad newsnya, itu pertanda Dija kurang kreatif, gambarnya kurang bervariasi, mungkin kurang sering diberi contoh atau kurang sering ditunjukkan hal hal yang bisa menginspirasinya. 

* Pelajaran membaca Dija masih belom mengalami kemajuan pesat. Sudah mengerti konsep semua huruf beserta vocalnya, sudah bisa membaca dua suku kata, meskipun kadang masih suka lama mikirnya dan suka lupa juga. Ketika diberi tiga suku kata, Dija masih kebingungan. 
Aku memutuskan untuk mengajari Dija membaca sendiri, maksudnya tidak mengikutkan Dija ke semacam kursus calistung.









14 comments:

  1. Ah, Dija semakin besar. Lama nggak mampir sini, kok pangling. Tapi makin cantik. Semoga sehat selalu dan rajin sekolahnya ya, Dija :)

    ReplyDelete
  2. wah dija tambah pinter ya... hebat :)

    ReplyDelete
  3. Kelasnya Dija bagus ya.. Namanya sama dengan pulau tempat tinggal tante sekarang hehehe.
    Tambah pintar ya Dija :)

    ReplyDelete
  4. Dija Pinter dah tambah besar, nanti juga membaca pelan2 bisa ya Dija..kan baru TK A

    ReplyDelete
  5. Jadi inget postingan waktu Dija pertama masuk sekolah. Gak taunya sekarang udah TK dan kelihatan percaya diri ^_^

    ReplyDelete
  6. dija keren.. gambar ibu nya :D
    mbak, pake kamera apa? gambarnya tajem bgt..kerenn

    ReplyDelete
  7. Dija semakin pinter nih udah gak nangis lagi dan gak pake ditungguin lagi, mungkin juga karena sudah besar ya jadi semakin pintar. Btw, kok sekolahnya pake baju bebas, Dija?

    ReplyDelete
  8. Waktu cepet berlalu ya.....perasaan liat dija masi bayi...tau2 udah tk a....makin cantik dan semoga makin pintar ya

    ReplyDelete
  9. Gak terasa yah, Dija udah gede.... perasaan kemarin masih baby.... :)
    Selamat sekolah ya Nak... semoga bertambah pintarnya...

    ReplyDelete
  10. dulu pernah baca di postingan Dija masuk PG nangis ya, alhamdulillah sekarang sudah lebih hebat, tidak menangis lagi.... jempool buat Dija

    ReplyDelete
  11. Gambar anak2 yg dipajang cara utk apresiasi karya mereka ya mbak... pasti anak2 Al-Iman terus semangat berkarya..

    Semoga setiap hari bersenang2 di sekolah, ya Dija.. :-)

    ReplyDelete
  12. _Informasi terpercaya tentang obat osteoporosis tradisional herbal alami ada di sini. Untuk selengkapnya silahkan kunjungi http://wp.me/51RJv

    ReplyDelete
  13. Uwwaaaaaaaooowwwww...... Lama tidak berkunjung ke blog ini, dulu terakhir baca waktu dija masih kecil dan sekarang............. dija sudah sekolah??
    Dija kalau datang berkunjung ke sulawesi khususnya makassar hubungi kakak yah........
    saya benar2 mau ketemu dgn anak ini......

    ReplyDelete
  14. info yg sangat menarik bagi kita semua
    salam sukses

    ReplyDelete

Terima kasih yaa.. sudah sayang sama Dija...