21 Sep 2015

Desa Sade


Ketika Dija berlibur ke Lombok
Dija sempat mampir ke Desa Sade

Desa Sade ini adalah desa tradisional Suku Sasak

Bale Lumbung




Rumahnya masih tradisional, namanya Bale
terbuat dari bambu dan kayu

Bale ada banyak loh

Bale Lumbung itu rumah untuk menyimpan padi
Bale Tani itu biasanya rumah untuk keluarga Pak Tani


Bale Tani 

Dija sempat masuk ke Bale Tani. 
rumahnya kecil, dibagi jadi dua. Ruang depan dan ruang belakang.
Ada penyekat diantara keduanya

Ruang depan untuk menerima tamu, sekaligus untuk tempat tidur. 
tapi tidak ada tempat tidurnya. 
Suku sasak tidurnya pakai tikar aja.

Ruang belakang adalah dapur.

Bale Tani bagian dalam

Di tengah tengah Bale Tani, selalu ada tiga anak tangga.
kata Pak Guide nya, itu ada artinya
yaitu kepercayaan tiga fase hidup suku sasak
melambangkan Lahir-Tumbuh-Mati

Oh ya... tau gak, lantainya Bale Tani terbuat dari apa?
dari kotoran kerbau !!!!

hihihiihihi.....
hebat ya, kotoran kerbau bisa dibikin jadi rumah
kok bisa ya??


Rumah Suku Sasak di Desa Sade ini padat sekali
ada lorong lorong kecil diantaranya

Banyak juga yang jualan kain tenun sasak
mbak-mbak suku sasak juga banyak yang sedang bikin kain tenun
karena kalo belom bisa menenun, artinya belom boleh menikah



Bale Jajar

Begitu lhoo ceritanya waktu Dija jalan jalan ke Lombok
sambil belajar tentang Suku Sasak
dan rumah adatnya juga

seru kan?


18 comments:

  1. Akhhh senangnya Dija habis liburan ya, Lombok jg jd slah satu tempat yg pengen tante datengin loh dija :)

    ReplyDelete
  2. jadi irit tempat ya gak pakai tempat tidur :) asyik nih Dija habis jalan-jalan

    ReplyDelete
  3. katanya ngepelnya juga pakai kotoran kerbau hehe,unik

    ReplyDelete
  4. wah senangnya ya dija jalan2 ke Lombok dan mampir ke Desa Sade

    ReplyDelete
  5. Asyikkkk yaa jalan2 dija, itu dari kotoran kerbauu bau ngak yaa??

    ReplyDelete
  6. wah om skrg lagi di bali Dija, coba tau Dija lagi di lombok pasti tak susulin hehe

    ReplyDelete
  7. seru juga ya bisa liat desa di lombok... :)

    ReplyDelete
  8. Waacch seru, Tante sekeluarga juga ingin liburan ke Lombok :)

    ReplyDelete
  9. Yeay, Dija abis jln2.. Seru yah :)

    ReplyDelete
  10. Wah, jalan-jalan ke Lombok nih.. pasti seru ya..jadi kepengen jg.hehehe

    ReplyDelete
  11. Koq bisa yah dr kotoran kerbau..hehee.. dija ajak2 tante dong halan2nya :D

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Loh kok sama dengan postingannya Mila?

    Beberapa kali main kesini, Om Cipu cuma lewat saja. Gak beli apa-apa. Rasanya menyenangkan saat menyusuri setapak di Desa Sade ini

    ReplyDelete
  14. Tapi kotoran kerbaunya gak bau ya, Dija? Hebat, kan, hihihi :)

    ReplyDelete
  15. Aah... Bude jg pengen ke Lombok tp blom kesampean... Trims Dija, sdh bagi2 cerita n foto2 ini :)

    ReplyDelete

Terima kasih yaa.. sudah sayang sama Dija...