6 Oct 2017

Batik Jombangan "Sekar Jati"


Masih ingat foto Dija di batu besar berelief indah ini?
Batu besar ini bagian dari kompleks Candi Arimbi 
di kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang

Dija mau cerita nih tentang relief batu ini jadi motif batik jombang




Pada jaman dahulu kala, sudah banyak pembatik di Jombang
tapi pada masa itu motif batik masih belum memiliki ciri khas tertentu
mereka umumnya membuat motif dari alam
seperti bunga melati, cengkeh, beringin dan lain lain

ciri motif batik jombang baru dipikirkan pada masa pemerintahan Bapak Suyanto, 
bupati jombang pada masa 2003 hingga 2013

Pak Suyanto memberi tugas pada Bu Maniati dan mendiang suaminya
pengrajin batik "Sekar Jati" di Jati Pelem
untuk mencari motif yang menunjukkan ciri khas Jombang



Nah... Dija pun jalan jalan ke sanggar batik "Sekar Jati" nya Bu Maniati
Alhamdulillah bisa bertemu dengan Bu Maniati
meskipun beliau sudah tua, tapi tetap sehat dan bersemangat

Bu Maniati bercerita, bagaimana beliau mencari motif khas jombang

setelah berpikir lamaaaa....  Bu Maniati teringat pada Sang Bupati 
yang telah memberinya tugas

Pak Bupati Suyanto ini rumahnya ada di Kecamatan Bareng
di sana ada Candi Arimbi

maka Bu Maniati dan keluarga pergi ke Candi Arimbi untuk mencari inspirasi


Bu Maniati, maestro pencipta motif batik jombangan


Alhamdulillah di Candi Arimbi ada batu besar yang berelief indah
Batu ini ada dua, sama besar, dan relief nya sama
mengapit batu berelief Btara Kala

relief nya yang khas ini ternyata cuma ada di Candi Arimbi
maka Bu Maniati segera menciptakan motif khas batik Jombangan dari relief ini


inilah hasilnya :
berbagai macam modifikasi dari relief yang ada di Candi Arimbi

bagus kan??



tak lama setelah itu, salah satu anak Bu Maniati
mulai terjun meneruskan usaha orang tuanya
kemudian terciptalah motif "Ringin Contong" dari tangan dinginnya

seperti ini lho motifnya :



Motif-motif ini banyak dipakai sebagai seragam para pekerja
maupun anak anak sekolah di Jombang

Dija waktu kecil dulu juga sudah pernah pakai baju motif  jombangan begini
fotonya bisa dilihat DISINI 




Sanggar batik "Sekar Jati" ini tidak melulu membuat batik motif jombangan
tapi juga memproduksi batik batik dengan motif beragam
baik itu batik tulis, batik cap, maupun printing
semua ada!

batik dengan pewarnaan alam pun ada

lengkap kan?


di sanggar ini, juga sering ada pelatihan membuat batik
yang sering mengikutinya adalah rombongan anak anak sekolah
dan rombongan ibu ibu pkk

anak-anak ponpes gontor juga sering berlatih membuat batik disini



Dija pingin beli satu batik jombangannya
tapi bingung pilih yang mana
banyaaaaak sekali batiknya




akhirnya pilih yang warna merah putih
hehehheee.... warnanya menyala sekali
bagus kan?



Alhamdulillah 
sekarang Dija sudah punya batik jombangan

batik lokal jombang
dengan motif cantik khas candi arimbi



Teman teman yang pingin belanja batik
yuuuk... langsung aja ke Batik "Sekar Jati" nya Bu Maniati
ada di JatiPelem-Diwek-Jombang yaaa...



20 comments:

  1. Aku juga suka motif batik yang cerah-cerah, Dija

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lebih berwarna gitu ya Lik...
      lebih ceria

      Delete
  2. Wah,Baru tahu ada batik Jombang.. kalo pulang main kesini ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jangan lupa beli batiknya ya Tante

      Delete
  3. cakep2 ya motif batiknya...

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah Dija sudah besar dan cantik banget pakai batik. nanti kalau batik jombangnya sudah dijahit posting yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap, Tante!
      gimana kalo Tante yang bikinkan design bajunya?
      hehehhee

      Delete
  5. unik cara bu Maniati menemukan motif asli Jombang
    tau arti relief itu Dija?
    ntar kalau baju batik merahnya udah dijahit tante Elsa, foto2 lagi ya Dija

    ReplyDelete
  6. Dijaa, udah besar da cantik ya sekarang. Terakhir baca pas masi TK dija lomba nari gitu :)
    mudah2an sehat selalu yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung ke sini lagi ya Tante
      jangan pernah bosen kunjungi dija yaa

      Delete
  7. Tante jg mau batiknya, ternyata seru sejarah tentang motifnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo mampir ke jombang tante
      nanti beli batiknya

      Delete
  8. Cantik-cantik ya motifnya.

    BTW, perasaan Tante Niar sudah pernah komen di sini tapi koq hilang ..... komen lagi ah :))

    ReplyDelete
  9. mampir kesini gagal fokus sama foto2 anaknya..
    tjantikss syekalii.. :D

    ReplyDelete
  10. tante suka dan senang kalau punya koleksi batik :)

    ReplyDelete
  11. Batik model Arimbi maupun Ringin Contong bagus banget tuh, sungguh khas Jombang. Selamat kepada Sekar Jati. Dan, DIJA...., semakin cantik dan shaliha.

    ReplyDelete
  12. Waah...batiknya bagus-bagus sekali dija. Tante jadi mau deh.....

    ReplyDelete
  13. Ahh Tante Nci kalo lihat batik jadi laper mata Dijaaa. Batik yg di kasih Tante Elsa juga masih dipake niy.

    ReplyDelete

Terima kasih yaa.. sudah sayang sama Dija...