9 Mar 2017

Percobaan Musik Gelas




Ketika lama gak sekolah karena sakit cacar air
Dija belajar di rumah selama 10 hari lebih
bosen juga belajar sendirian 
gak ketemu teman teman





agar tidak bosen
Ibu ajak Dija melakukan percobaan musik gelas
seperti yang ada di buku Tema 5

Dija siapin 4 gelas
lalu diisi air
ada yang sedikit, sedang, hampir penuh dan penuh


lalu gelasnya dipukul pukul menggunakan sendok
ternyata suaranya berbeda loooh
aneh bin ajaib ya
hayooo, gelas mana yang suaranya lebih nyaring??





Yup!  benar !!!
yang paling nyaring bunyinya adalah gelas yang paling sedikit isinya.
ada yang tahu kenapa??

kata ibu, itu karena tong kosong nyaring bunyinya
heehehehe......


Catatan Tante Elsa :
** kami benar benar dilanda kebosanan saat Dija harus stay di rumah selama hampir 2 minggu. Awalnya Dija tertular kakaknya kena cacar air. Kakaknya tertular temannya di sekolah. Meskipun sudah dilarang dekat-dekat dengan kakak agar tak tertular, tapi namanya juga tinggal serumah, alhasil Dija dengan sukses tertular cacar air. Hikmahnya, menderita cacar air saat masih kecil kayak dija gini bisa dibilang lebih beruntung dibanding menderita cacar air saat dewasa. Bekas cacar airnya juga lebih cepat hilang.

** Segala percobaan yang membutuhkan praktik di buku pelajarannya kami coba laksanakan. Dija sangat bersemangat saat kami membuat percobaan musik gelas ini. Dija pula lah yang minta percobaan ini di rekam di video. Dia sendiri yang mempersiapkan narasinya, aku haranya membetulkan tata bahasanya agar lebih sederhana dan tidak bertele tele. tapi bisa dikatakan 90% dija sendiri yang bikin. 

** Oh ya, percobaan ini dibuat hanya untuk mengetahui gelas mana yang menghasilkan suara palin nyaring. Alasan mengapa suara yang dihasilkan bisa berbeda beda, dan kenapa gelas dengan air paling sedikit menghasilkan bunyi yang paling nyaring, sengaja tidak dijelaskan di video ini. Tentu saja karea durasi waktu ! hahahahha bo'ong banget!!
yaah karena memang tante nya ini memiliki keterbatasan ilmu, belom bisa memberi penjelasan yang sesimple mungkin untuk anak seusia dija.

** Video ini adalah take ke 2. 
take pertama, dija sempat blank, mungkin karena nervous, dia gak tau mau ngomong apa. padahal sebelumnya dia sudah berlatih sendiri apa yang akan disampaikan. Alhamdulillah, take ke dua lancar jaya! 

** Begitu video selesai direkam, Dija suruh aku mengirimkan video itu ke Guru nya di sekolah via WhatsApp. Alhamdulillah respon Pak Guru dan Bu Guru nya bagus sekali. Dija jadi makin bersemangat.

** kira kira seminggu setelah Dija masuk sekolah kembali, video ini diputar di kelas oleh gurunya. Dija bercerita padaku, dia kaget sekali. Heehehhe, mungkin gak nyangka kalo videonya akan diputar di kelas. Dija hanya bisa senyum senyum aja katanya. Lucunya lagi, banyak temannya yang tidak mengenali Dija, karena di video Dija tidak berhijab. sementara sehari hari di sekolah, Dija memakai Hijab.
Hehehehhee... Maaf ya Nak, ibu lupa mengingatkan untuk memakai hijab. Kapan kapan kita bikin video lagi yang lebih baik yaaa

23 comments:

  1. alhamdulillah, sekarang dija sudah sembuh ya? dulu aku juga sama pernah belajar perkusi waktu smp. Dija hebat banget udah tahu perkusi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi Dija belom bisa perkusi, hehehehe

      Delete
  2. Ihh salah satu prestasi sederhana itu video bisa diputar di kelas, berarti Dija bisa memberikan pengalaman menariknya untuk orang lain dong, supaya diikutin pastinya. Praktek juga ah Dija buat anak Tante di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru loh bikin percobaan musik gelas
      pake gelasnya yang banyaaaak tante, jadi bunyi nya juga lebih banyak macamnya

      Delete
  3. Dija... Udah sehat yaa olaa...
    Lucuuu deh ❤️❤️ Bener, tong kosong nyaring bunyinyaaaa...
    Jadi tmn2 nggak kenalin ya, ternyata Dija yg ada di video ituuu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Dija sudah sehat
      bekas cacar air nya juga hilang semua, bersih!

      Delete
    2. Terima kasih Tante Uci
      iya, Dija senyum senyum aja waktu teman teman kebingungan
      kata temanku, "Loh kok namanya Dija tapi kok gak mirip Dija?"
      hihihihihi

      Delete
  4. Lucu banget dengerin suara Dija... Meski sakit tetep belajar ya, semoga Dija tambah pinter & sehat terus :) xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiiin aaamiiin... terima kasih doa nya Tante Sandra

      Delete
  5. Lama gak main ke blognya Dija, sudah besar ya sekarang. Sehat terus ya cantik, dulu tante jg sakit cacar waktu kecil dan gak berbekas sama sekali sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah gak berbekas ya Tante

      Delete
  6. Alhamdulillah sudah sehat kembali ya Dija. Seneng denger cerita kalau video Dija dipertontonkan di kelas, begitu mengapresiasi karya siswa. Salut!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu Tante Inge
      padahal kan video nya sederhana sekali
      Dija jadi malu sendiri
      hihihihihi

      Delete
  7. Alhamdulillaah..., semoga sehat selalu ya, Dija, rasanya sudah agak lama saya tidak membaca aktivitas dan melihat foto Dija. Salam dari Jogja ya, Dija :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Om, doain sehat terus yaa
      salam dari Jombang

      Delete
  8. Dijaaaaaa,udh gede skrg tambah cantiiiik.
    Pa kabar sayank?!... Be smart n soleha yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiiin aaaamiiiiin
      kabar baik Tante
      terima kasih yaaa

      Delete
  9. Dijaaaaaa,udh gede skrg tambah cantiiiik.
    Pa kabar sayank?!... Be smart n soleha yaaa

    ReplyDelete
  10. keren percobaannya Dija euyy..

    Udah sembuh ya cacar airnya..disekolah raffa juga lagi musim cacar air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah Bu Fitri
      Rafa juga kena cacar air gak?

      Delete
  11. Bagussss videonya dija. Keren..keren.. anak tante yg dah kelas 6 aja masih suka nervous dan kaku di depan kamera kalo mau divideoin

    ReplyDelete
  12. Dija waktu aku keecil dulu aku juga suka tuh percobaan musik pake gelas gini, nyari nada antar satu gelas ma gelas lainnya nyari ada beda ngga hihi

    ReplyDelete
  13. wah memang paling siksa kl udah kena cacar air dan di rumaaah terusss... Semoga sehat selalu ya ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih yaa.. sudah sayang sama Dija...