23 Sep 2013

Manasik Haji Playgroup Al Iman Jombang



Hari Sabtu kemarin, 
Dija ikut manasik haji loh
sama Bu Guru, sama teman-teman

Kata Tante Elsa,
kalo mau haji, harus latihan haji
maksudnya haji pura pura dulu
hihihihihii...




Kita pura-pura nya berkumpul di Maktab
disitu disiapin semuanya sama Bu Guru
Dija dikasi tanda pengenal
karena di mekkah kan orangnya banyaaaaaaaaaaaaaakkk.....
bisa bisa hilang kalo gak ada tanda pengenalnya


trus Dija dan teman-teman minum air zam zam dulu sebelum haji
agar gak haus yaaa
agar makin sehat!!!




lalu kita menuju ke Mina-Muzdalifah untuk ambil batu
Dija dan teman-teman dengerin cerita dulu
Bu Guru cerita Nabi Ibrahim, Ibu Hajar yang gendong Nabi Ismail
juga setan yang nakal





Setelah bawa batu batu kecil,
Dija dan teman teman jalan lagi ke tempat Jumroh





ada Jumroh Ula, Wustho dan Aqobah
kita semua lempar batu di situ
biar setannya lari !!!



Di setiap jumroh, Bu Guru kasih cerita

Kalo setannya dilempar batu
setannya pergi
gak bikin anak-anak nangis lagi
gak bikin anak-anak nakal lagi




Selesai lempar jumroh
semuanya siap-siap menuju kota mekkah
kita mau thowaf sama-sama

yuk, berbaris dulu





Karena Dija dan teman-teman masih playgroup,
Thowafnya cukup sekali aja
hihihihihihi...
namanya juga haji pura-pura

setelah thowaf, berdoa sama sama
habis tuh foto bersama 
Bu Guru juga ikut foto 




Tante Elsa yang fotoin udah teriak teriak
"ayoo senyuuuum Dija!!!"
gimana mau senyum
kan panaaassss mataharinya




Alhamdulillaaaah...
Dija sudah haji
meskipun haji pura pura
hiiihihihihihi

kata Tante Elsa, suatu saat nanti 
kita akan pergi haji sama-sama
aaaamiiiin...





Catatan Tante Elsa :

* Hari ini Dija tepat berusia 3,5 tahun. Alhamdulillaaah, perjalanan yang lumayan panjang ya Dija....semoga sehat terus, makin pinter!!!
Sejak Dija usia 3 tahun, aku berhenti membuat membuat ritual postingan setiap tanggal 23, atau setiap ulang bulan Dija. Maksud hati ingin merapel perkembangan Dija di postingan-postingan yang acak tanggalnya. Toh Dija usah makin besar. Semoga suatu saat tidak ada yang protes dengan keputusan sepele ini yaaa

* Dija mengikuti kegiatan manasik haji ini dengan kurang semangat sebenarnya, karena baru pulih dari sakit. Pagi-pagi udah dibangunin, karena manasik haji dimulai pukul 06.00. Karena Dija males-malesan, jadinya kami datang terlambat, tapi alhamdulillah masih bisa mengikuti seluruh rangkaian acara. Menurutku sih kegiatan ini penting, untuk mendidik anak sejak dini tentang haji, tapi melihat respon Dija kemaren... gak tau deh, ada yang diinget nggak pelajaran manasik hajinya. hehehehhee

* Kelasnya Dija masuk kloter haji dari Inggris. Hahahhaa keren kaaan????    Kelas-kelas lainnya dibagi menjadi kloter beberapa negara, seperti Amerika, Jepang, Indonesia dan lain sebagainya. 
Angkat topi deh buat Guru-guru Al Iman Jombang yang sudah mempersiapkan acara manasik haji dengan begitu lengkapnya.

* Sebelum manasik haji ini, Dija sakit hampir seminggu deh. Bahkan sampai harus periksa darah, dan foto rontgen. Aku sudah gemeter duluan, padahal Dija nya yang sakit. Waktu difoto rontgen, Dija ketakutan, agak lama memberikan pengertiannya, tapi akhirnya alhamdulillah sukses dengan tanpa nangis. Selanjutnya periksa darah, Dija akan diambil darahnya di lipatan siku. Aku pangku Dija, sambil kudekap erat takutnya meronta. Aku bisikin, akan sakit sedikit, gak usah nangis yaa.... lalu aku tutup matanya. Aku sendiri gak tega lihat tanganya ditusuk jarum suntik. Deg deg an banget!! tapi takjup, Dija gak nangis!!!  cuma kaget sekejap, lalu tenang kembali. Ketika prosesnya sudah selesai, aku tanya sakit apa tidak, Dija jawab tidak. Alhamdulillaaaah... Dija bener bener membuatku bangga.

* Dija lagi ngefans sama PowerRangers dan UltraMan. Sering sekali tanya, rumahnya PowerRangers dan UltraMan dimana. Karena beli dvd PowerRangers dan UltraMan bajakan di pasar tradisional, dan lihat setting filmnya, maka aku jawab sesuai settingnya, bahwa PowerRangers rumahnya di Amerika, dan UltraMan rumahnya di Jepang.

dan respon Dija adalah  "Buuk, ayo kita ke Amerika" .........   "Buuuk....ayo kita ke jepang"
Waktu kemaren pagi-pagi diajak pergi ke surabaya, jawab Dija adalah "Gak mau ke surabaya Buk, aku mau ke Amerika sama PowerRanger!"
Hiihihihi  "Yaaa, nanti klo Dija agak besar, kita jalan jalan ke Amerika sama Jepang ya Nak?"
Dija pun semangat jawab;     "Iya Buk!"
dalam hati, aku berdoa....aaamiiiiiiiiiiiiin aaaamiiiiiiiiiin semoga keinginan kami segera terwujud.

* Aku lagi mencari tempat les balet yang baru buat Dija. karena les balet yang lama menghilang entah kemana, sejak gurunya cuti merawat suaminya yang kecelakaan. Berbulan-bulan les baletnya mangkrak jaya... hiks, padahal baru masuk 5 kali pertemuan. bener bener gak keren!!!

* Ada update terbaru soal penjelasan Lencana yang didapatkan Dija di sekolah minggu lalu. Bu Lilik, gurunya Dija secara khusus menjelaskan pada emaknya Dija ini. Bahwa Lencana itu diberikan dengan kriteria yang bisa jadi berubah ubah, sesuai dengan pembangunan karakter siswa di sekolah. Nah kriteria minggu lalu ada beberapa, salah satunya adalah sudah nggak nangis ketika pergi ke sekolah. Hahahahahhaaa..... bener-bener kriteria yang lucu ya. Tapi bagi anak-anak sekecil Dija, bisa jadi itu sebuah prestasi yang butuh perjuangan keras untuk mencapainya. Kriteria lainnya akan Tante Elsa tulis update nya di Postingan Lencana 1. Terima kasih Bu Lilik.....

26 comments:

  1. ayo dija jalan2 ke amerika... main ama emma... :)

    ReplyDelete
  2. wah Insya allah Dija besok gede jadi hajjah beneran dan jalan2 ke Amerika dan Jepang ya....

    ReplyDelete
  3. pas liat name tag, wowww... peserta dari Inggris :) kerennnn

    ReplyDelete
  4. amin ya dija.. semoga segera bisa ke amerika, ke jepang, dan berhaji tentunya amin..

    ReplyDelete
  5. haii Dija cantik..salam kenal ya semoga tambah pinter & selalu sehat..aamiinn :)

    ReplyDelete
  6. Dijaa... i love u love u love uuuu.....
    pinter banget deh ni anak... kalo ketemu mau tante culik ke semarang mau gag, Dija? hahaha

    ReplyDelete
  7. udah lama gak berkunjung ke blognya Dija, wah sekarang udah 3.5 taun ya.. ^^

    ReplyDelete
  8. Dija lucu deh....
    Di Play group Fayda belum ada kegiatan manasik haji :)

    ReplyDelete
  9. dari foto2 jg keliatan Dija nggak begitu semangat.. ga ada foto yg senyum..
    semoga kembali ceria ya :D

    ReplyDelete
  10. walau baru aja sembuh dari sakit tapi Dija pinter yaahh, berhasil mengikuti semua rangkaian Haji kecilnya.
    semoga suatu hari nanti beneran berangkat haji yaaa Dija, ke Amerika dan Jepang juga, nanti salamin utk Power Rangers dan Ultra Man yaah Dija, heheheh.

    ayooo Dija pertahankan terus semangat sekolahnya yaaa sayaang, muaahhh :*

    ReplyDelete
  11. Dijaaaa... duh tante lama gak main ke blog Dija. Sekarang sudah 3,5th ya... Makin cantikkkk. Semoga selalu sehat ya sayang.

    Seru ya manasik hajinya. Dita nanti di TKB ini baru akan ada agenda latihan manasik haji :-)

    ReplyDelete
  12. pantessss, keliatan rada kuyu, habis sakit ya, Dija..? Eh tapi, tetep cantik, kok. Semogaaaaa suatu saat nanti bisa pergi haji beneran, ya. Aamiin... :)

    ReplyDelete
  13. Dijaaa...cantik bgt pake jilbab ih *pengen tjiumtjium*

    ReplyDelete
  14. Dija sudah jadi Hajjah kecil ya. hebat. Duh di sekolahnya Alvin manasik hanya untuk TK B aja jadi belum punya foto manasik haji nih

    ReplyDelete
  15. dijaaaa tetep cantik aja ya .. :D
    insya alloh nanti jadi haji beneran ya sayang .. seru nya ya, xixix dija dari inggris wis hebaaaat :D

    ReplyDelete
  16. pertama-tama masih banyak senyum ya.... Kakak Inot dulu juga gitu Dija, mencureng aja wajahnya kepanasan :)
    semoga segera terlaksana pergi ke Jepang dan Amerika ya Nak, juga naik haji bareng tante Elsa....aamiin...aamiin....aamiin

    ReplyDelete
  17. sebelum pergi haji memang dianjurkan berlatih haji atau dikenal dengan manasik haji

    ReplyDelete
  18. iihh.. DIJA lucu deh, mudah-mudahan bisa inget yak pelajaran hajinya :)

    soal jepang dan amerika semoga kesampaian ya Dija :D

    ReplyDelete
  19. wah kalau begitu di panggil bu haji dija donk sekarang. GWS ya dija eh bu haji :D

    ReplyDelete
  20. Salam untuk hajah Dija semoga sehat dan sukses selalu. Tak usah ke amrik ,main aja ke rumahku nanti banyak robot ultraman.

    ReplyDelete
  21. wah, manasik haji nya seru ya dija.

    eh dija di ambil darah tapi nggak nangis ya, hebat ya dija. jempol deh buat dija. semoga sehat selalu ya...:)

    ReplyDelete
  22. Dija cantik sekali... semoga kelak bisa berangkat haji bareng Tante Elsa ya...
    BTW ini postingan sama catatannya kok banyak catatannya ya? Hahaha

    ReplyDelete
  23. Paklik do'akan, kelak nDuk Dija ketika sudah cukup usia bisa menjalankan ibadah haji dan umroh berkali-kali ke tanah suci. Amiin.
    Anak paklik terkecil juga sangat seneng nonton ultraman lo

    ReplyDelete
  24. Meski habis sakit, tapi alhamdulillah Dija bisa pulih kembali ya seperti sedia kala. mudah2an suatu saat nanti bisa naik haji beneran ya bersama keluarga :)

    ReplyDelete
  25. Semangat dija perlu terus dipupuk untuk tetap ingin pergi berhaji dan jalan2 keliling Benua Eropa dan Amerika ya nak ,, sudah lama nggak nengok blog Dija,, eh semakin pinter :*

    ReplyDelete

Terima kasih yaa.. sudah sayang sama Dija...